Pengaruh Penggunaan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Konteks terhadap Kemampuan Komunikasi Sains Siswa pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global Kelas XI SMAN 3 Pariaman

Febriansyah, Febriansyah (2023) Pengaruh Penggunaan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Konteks terhadap Kemampuan Komunikasi Sains Siswa pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FEBRIANSYAH_18033029_1475_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 3 Pariaman, kemampuan komunikasi sains siswa masih tergolong rendah. Salah satu solusi yang diajukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sains siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa e-modul pembelajaran fisika berbasis konteks terhadap kemampuan komunikasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh positif penggunaan e-modul pembelajaran fisika berbasis konteks terhadap kemampuan komunikasi sains siswa pada materi alat optik dan pemanasan global kelas XI SMAN 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Pariaman yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster random sampling sehingga terpilih seluruh kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas sampel. Data penelitian merupakan nilai kemampuan komunikasi sains siswa. Instrumen penilaian berupa lembar observasi penilaian kemampuan komunikasi sains siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan t-test. Bedasarakan penelitan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi sains siswa secara menyeluruh terhadap kelas sampel penelitian. Pada kelas eksperimen kemampuan komunikasi sains siswa sesudah diberi perlakuan lebih besar dibandingkan dengan kemampuan komunikasi sains siswa sebelum diberikan perlakuan kemampuan komunikasi sains siswa dengan thitung = 61,103 dan ttabel =1,669. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan e-modul pembelajaran fisika berbasis konteks lebih meningkatkan kemampuan komunikasi sains dibandingkan siswa yang menggunakan buku paket. Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes dapat diperoleh terdapat pengaruh yang positif penggunaan e-modul pembelajaran fisika berbasis konteks terhadap kemampuan komunikasi sains siswa pada materi alat optik dan pemanasan global

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:41
Last Modified: 14 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48256

Actions (login required)

View Item View Item