Kesiapan Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Air Tawar Barat

Pernando, Diko (2023) Kesiapan Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Air Tawar Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Diko_Pernando_19329089_6257_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam proses penyelenggaraan pendidikan terdapat beberapa komponen pendukung terlaksananya proses pendidikan salah satunya kurikulum. Kurikulum pendidikan dirancang sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada demi memperbaiki dan menyempurnakan kuliatas pendidikan. Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan kurikulum, yakni dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, namun demikian perubahan kurikulum bukanlah suatu hal yang mudah dan instan. Sementara Guru ialah tokoh yang berperan penting dalam proses pendidikan karena guru yang akan menerapkan kurikulum merdeka serta berinteraksi langsung dengan peserta didik, oleh karena itu diperlukan kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Namun fakta yang ada terdapat guru mengelami kesulitan dalam menyusun modul ajar dan kebingungan dalam melaksanakan pembelajaran dengan konsep kurikulum merdeka. Sehingga guru dinilai belum siap dalam mengimplementasikan pembelajaran berdasarkan konsep kurikulum merdeka. penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kesiapan guru PAI dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka di SD N 19 Air Tawar Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara kepada guru PAI dan guru wali kelas IV, observasi saat pembelajaran PAI serta didukung dengan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil Temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, guru PAI sudah siap dalam merencanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Air Tawar Barat yaitu perencanaan pembelajaran sudah disusun sesuai dengan konsep kurikulum merdeka yakni berbentuk modul ajar. Kedua, Guru PAI kurang siap dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Air Tawar Barat, yaitu guru PAI telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang sudah dirancang sebelumnya. Namun dalam rancangan pembelajaran guru PAI masih menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran sedangkan pada kurikulum merdeka guru dituntut untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Ketiga, kesiapan guru PAI dalam mengevaluasi perencanaan pembelajaran dinilai belum siap. Hal ini disebabkan karena guru telah mengevaluasi perencanaan pembelajaran dan telah mengetahu hal-hal yang belum terlaksana namun guru tidak melakukan perbaikan atau tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:42
Last Modified: 14 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48253

Actions (login required)

View Item View Item