Pernando, Diko
(2023)
Kesiapan Guru PAI dalam
Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Air Tawar Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dalam proses penyelenggaraan pendidikan terdapat beberapa komponen
pendukung terlaksananya proses pendidikan salah satunya kurikulum. Kurikulum
pendidikan dirancang sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang
ada demi memperbaiki dan menyempurnakan kuliatas pendidikan. Pendidikan di
Indonesia saat ini telah mengalami perubahan kurikulum, yakni dari kurikulum
2013 menjadi kurikulum merdeka, namun demikian perubahan kurikulum
bukanlah suatu hal yang mudah dan instan. Sementara Guru ialah tokoh yang
berperan penting dalam proses pendidikan karena guru yang akan menerapkan
kurikulum merdeka serta berinteraksi langsung dengan peserta didik, oleh karena
itu diperlukan kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam
pembelajaran. Namun fakta yang ada terdapat guru mengelami kesulitan dalam
menyusun modul ajar dan kebingungan dalam melaksanakan pembelajaran
dengan konsep kurikulum merdeka. Sehingga guru dinilai belum siap dalam
mengimplementasikan pembelajaran berdasarkan konsep kurikulum merdeka.
penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kesiapan guru PAI dalam
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan
kurikulum merdeka di SD N 19 Air Tawar Barat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian
diperoleh melalui wawancara kepada guru PAI dan guru wali kelas IV, observasi
saat pembelajaran PAI serta didukung dengan dokumentasi. Teknik pengambilan
sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil
Temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, guru PAI sudah siap dalam
merencanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19
Air Tawar Barat yaitu perencanaan pembelajaran sudah disusun sesuai dengan
konsep kurikulum merdeka yakni berbentuk modul ajar. Kedua, Guru PAI kurang
siap dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka di SD
Negeri 19 Air Tawar Barat, yaitu guru PAI telah melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan perencanaan yang sudah dirancang sebelumnya. Namun dalam
rancangan pembelajaran guru PAI masih menerapkan metode ceramah dalam
pembelajaran sedangkan pada kurikulum merdeka guru dituntut untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.
Ketiga, kesiapan guru PAI dalam mengevaluasi perencanaan pembelajaran dinilai
belum siap. Hal ini disebabkan karena guru telah mengevaluasi perencanaan
pembelajaran dan telah mengetahu hal-hal yang belum terlaksana namun guru
tidak melakukan perbaikan atau tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya.
Actions (login required)
|
View Item |