Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 11Batang Anai

Rasjulita, Irma Maulida (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 11Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_IRMA_MAULIDA_RASJULITA_17129221_7694_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pada implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar oleh guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, kurang optimalnya lembar kerja siswa yang ada pada RPP, masih adanya pemisah antar mata perlajaran, kurangnya interaksi antara siswa dan guru serta guru kurang mengoptimalkan media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunkan model kooperatif tipe Talking Stick di kelas V SDN 11 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus tediri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan nontes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 11 Batang Anai yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian yaitu: (1) presentase pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 87,5% kategori baik (B) meningkat pada siklus II dengan presentase 95% kualifikasi sangat baik (SB), (2) pengamatan pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I rata-rata 80,5% kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II dengan presentase 94,44% kualifikasi sangat baik (SB), (3) pengamatan pelakasaan aktvitas siswa pada siklus I rata-rata 80,5% kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II 94,44% kualifikasi sangat baik (SB). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 74 dengan persentase ketuntasan 55% kualifikasi kurang (K) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88 dengan persentase ketuntasan 95% kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 11 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU, MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:09
Last Modified: 14 Nov 2023 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48249

Actions (login required)

View Item View Item