Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media PPT pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai Kabupaten 50 Kota

Husna, Nadiatul (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media PPT pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NADIATUL_HUSNA_19129139_3740_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan Model Problem Based Learning berbantuan media PPT di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,5 (B) dan siklus II menjadi 94 (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,5 (B) dan siklus II 96 (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82,5 (B), dan siklus II menjadi 93 (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata penilaian pengetahuan dan keterampilan 77 (C) dan siklus II rata-rata penilaian pengetahuan dan keterampilan 92 (A) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning berbantuan media PPT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:22
Last Modified: 14 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48245

Actions (login required)

View Item View Item