Husna, Nadiatul
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan
Model Problem Based Learning Berbantuan Media PPT pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai Kabupaten 50 Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak
pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02
Kurai Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan
Model Problem Based Learning berbantuan media PPT di kelas V Sekolah Dasar
Negeri 02 Kurai Kabupaten 50 Kota.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua
siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian
dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan
peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kurai dengan jumlah 15 orang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,5 (B) dan
siklus II menjadi 94 (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,5 (B) dan
siklus II 96 (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82,5
(B), dan siklus II menjadi 93 (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik
pada siklus I diperoleh rata-rata penilaian pengetahuan dan keterampilan 77 (C)
dan siklus II rata-rata penilaian pengetahuan dan keterampilan 92 (A) .
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem
Based Learning berbantuan media PPT dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |