Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Lindia Dwi (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_06_LINDIA_DWI_PUTRI_19129247_2023.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi terhadap pembuatan bahan ajar di sekolah. Padahal terdapat fasilitas yang memadai untuk pembuatan bahan ajar menggunakan teknologi. Alasan guru tidak memanfaatkan fasilitas yang ada dengan maksimal adalah karena kekurangan waktu dan guru belum memiliki kemampuan untuk merancang bahan ajar menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul menggunakan canva pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. E-modul yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, bahasa dan bahan ajar. Praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan peserta didik. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal pre test dan post test kepada peserta didik. Hasil penelitian ini memperoleh bahan ajar berupa e-modul yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi dari tiga validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli bahan ajar memperoleh hasil akhir sebesar 93,43% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil praktikalitas dari angket respon guru dan peserta didik di uji coba 91,21% sedangkan di sekolah penelitian memperoleh hasil akhir sebesar 93,89% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil efektivitas di sekolah uji coba SDN 01 Bandar Buat dan sekolah tempat penelitian di SDN 09 Bandar Buat dan SDN 10 Bandar Buat hasil pre test dan post test ada peningkatan hasil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan“E-Modul Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar” sangat valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, E-MODUL CANVA , ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:06
Last Modified: 14 Nov 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48240

Actions (login required)

View Item View Item