Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Card Sort di Kelas V UPTD SDN 04 Simpang Kapuak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Hadiana Nst, Maidilla (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Card Sort di Kelas V UPTD SDN 04 Simpang Kapuak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_MAIDILLA_HADIANA_NST_19129129_7214_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V UPTD SDN 04 Simpang Kapuak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Card Sort di kelas V UPTD SDN 04 Simpang Kapuak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan dan pelaksanaan mnggunakan Model Card Sort. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 15 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 81% (Cukup) dan pada siklus II diperoleh skor 92% (Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 81% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76 (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 83 (Baik). Dengan demikian model Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU, MODEL CARD SORT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:17
Last Modified: 14 Nov 2023 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48224

Actions (login required)

View Item View Item