.Penggunaan MetodeProblem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di kelas IV SD N 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung

Sari, Dona inkrid (2015) .Penggunaan MetodeProblem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di kelas IV SD N 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DONA_INKRID_SARI_95201_1773_2016.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini berawal dari kenyataan rendahnya hasil belajar siswa di SDN 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung yang ditandai dengan ketidak mampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran IPA.Hal ini terjadi karena siswa tidak dilibatkan guru dalam memecahkaan masalah.Sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung dengan metode Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualilatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus 4 kali pertemuan, meliputi 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil setiap tindakan dalam pembelajaran IPA. Sabjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Hasil analisis terhadap perencanaan pembelajaraan siklus I adalah 50,3 mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan 73,7. Hasil pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus I diperoleh 75 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90 %.Hasil pengamataan terhadap pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh 70 %, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85 %.Dari perencaan, pelaksanaan dan hasil belajar tersebut terbuktilah bahwa penggunaan pendekatan Prolem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:14
Last Modified: 14 Nov 2023 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48219

Actions (login required)

View Item View Item