Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Yenni, Dewi Fitri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEWI_FITRI_YENNI_56742_1368_2016.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar perbandingan pecahan sederhana pada siswa. Hal ini terjadi karena guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide dalam menyelesaikan masalah dan siswa belum diminta memberikan alasan dari jawaban yang dikemukakannya. Tujuan dari penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar perbandingan pecahan sederhana dengan pendekatan RME di kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa, dimana terdapat 24 orang siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Dari segi penilaian perencanaan (RPP) pada siklus I diperoleh rata-rata 73,2% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 91,05% dengan kualifikasi sangat baik. 2) Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase dari aspek kegiatan guru sebesar 72,95% dengan kualifikasi baik dari aspek kegiatan siswa diperoleh ratarata 70,85% dengan kualifikasi baik. Dan pada siklus II diperoleh persentase dari aspek kegiatan guru sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Dari aspek kegiatan siswa diperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. 3) Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,37 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,91. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendektan RME dapat meningkatkan hasil belajar perbandingan pecahan sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pecahan Sederhana
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:05
Last Modified: 14 Nov 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48215

Actions (login required)

View Item View Item