Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Gambar Seri di KelasIII Negeri 20 Koto Pandan Kecamatan Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan

Sunastiani, Euis (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Gambar Seri di KelasIII Negeri 20 Koto Pandan Kecamatan Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_EUIS_SUNASTIANI_1108404_2110_2016.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran membaca masih kurang diminati oleh peserta didik, hal ini disebabkan karena guru masih kurang bisa memilih media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan mediaGambarseri peserta didik Kelas III SD Negeri 20 Koto Pandan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah penulis sebagai peneliti dan peserta didik kelas III Koto Pandan yang berjumlah 20 orang.Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tespada prabaca, saat baca, dan pascabaca. Prosedur penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan padaaktivitas guru siklus I dengan 75%(B) meningkat menjadi 90%(SB) pada siklus II. Kegiatan peserta didik pada siklus I 70%(C) meningkat menjadi 85%(SB) pada siklus II. Hasil belajar peserta didiktahap prabaca pada siklus Idengan rata-rata 74(C) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 93(SB), tahap saat baca pada siklus I dengan rata-rata 79(B) dan meningkat menjadi 88(SB) pada siklus II, dan tahap pascabaca pada siklus I 73(C) menjadi 84(B) pada siklus II. Dengan demikian keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan gambar seri dapat meningkat pada peserta didikSD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Media Gambar Seri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 00:58
Last Modified: 14 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48194

Actions (login required)

View Item View Item