Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang

Syafputri, Delfia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DELFIA_SYAFPUTRI_18129237_4281_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, pembelajaran juga masih berpusat pada guru dan peserta didik belum aktif dalam pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini ada siswa kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang yang berjumlah dari 26 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus 1 dengan rata-rata 83,92% (Baik) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 89% (Baik). kemudian dari aspek pelaksanaaan pembelajaran aspek guru siklus 1 diperoleh rata-rata 78,5% (cukup) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 89%. (baik). Untuk aspek peserta didik siklus 1 diperoleh rata-rata 76,71% (cukup) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 85,7% (baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 diperoleh rata-rata 73,1 (cukup) dan siklus II memperoleh rata-rata 87,6 (baik). dengan demikian pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:41
Last Modified: 13 Nov 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48189

Actions (login required)

View Item View Item