Syafputri, Delfia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik,
pembelajaran juga masih berpusat pada guru dan peserta didik belum aktif dalam
pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas III SDN 05 Sintuk
Toboh Gadang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek
dari penelitian ini ada siswa kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang yang
berjumlah dari 26 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang
perempuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan
pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik dengan
menggunakan model Problem Based Learning (PBL).
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
pada siklus 1 dengan rata-rata 83,92% (Baik) dan pada siklus II diperoleh rata-rata
89% (Baik). kemudian dari aspek pelaksanaaan pembelajaran aspek guru siklus 1
diperoleh rata-rata 78,5% (cukup) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 89%.
(baik). Untuk aspek peserta didik siklus 1 diperoleh rata-rata 76,71% (cukup) dan
pada siklus II diperoleh rata-rata 85,7% (baik). Hasil belajar peserta didik pada
siklus 1 diperoleh rata-rata 73,1 (cukup) dan siklus II memperoleh rata-rata 87,6
(baik). dengan demikian pembelajaran tematik terpadu menggunakan model
problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di
kelas III SDN 05 Sintuk Toboh Gadang
Actions (login required)
|
View Item |