Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 37 Sungai Bangek Kota Padang

Warahmah, Mawaddah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 37 Sungai Bangek Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_MAWADDAH_WARAHMAH_19129037_7453_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang terjadi di lapangan yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih belum sepenuhnya berpusat pada peserta didik sehingga guru sulit menstimulus keaktifan peserta didik dan guru kurang optimal dalam menciptakan interaksi antar peserta didik ketika menggunakan metode diskusi kelompok sehingga pembelajaran kurang menyenangkan membuat peserta didik jenuh dan sibuk sendiri serta diskusi kelompok yang dilakukan peserta didik tidak berjalan dengan maksimal. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 37 Sungai Bangek Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 37 Sungai Bangek Kota Padang yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Hasil pengamatan RPP siklus 1 pertemuan 1 diperoleh persentase 80,56%, meningkat menjadi 86,11% pada siklus 1 pertemuan 2 kemudian meningkat lagi menjadi 94,44% pada siklus 2. 2) Aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh persentase 83,33%, meningkat menjadi 88,89% pada siklus 1 pertemuan 2, kemudian meningkat lagi menjadi 94,44% pada siklus 2. 3) Aktivitas peserta didik pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh persentase 83,33%, meningkat menjadi 86,11% pada siklus 1 pertemuan 2, kemudian meningkat lagi menjadi 91,67% pada siklus 2. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-ratanya yaitu 67 dengan predikat B- (Baik) dengan persentase ketuntasan 50%, pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi 75,92 dengan predikat B (Baik) dengan persentase ketuntasan 66,66%, kemudian meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 87,14 dengan predikat A (Sangat Baik) dengan persentase ketuntasan 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 37 Sungai Bangek Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:00
Last Modified: 13 Nov 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48186

Actions (login required)

View Item View Item