Efektivitas Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah Melalui Aplikasi Math Master Kids Untuk Anak Tunadaksa Kelas III di SDN 28 Sijunjung

Sucitra, Sandra Deviana (2023) Efektivitas Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah Melalui Aplikasi Math Master Kids Untuk Anak Tunadaksa Kelas III di SDN 28 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_SANDRADEVIANA_SUCITRA_19003100_7288_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di SDN 28 Sijunjung. Ditemukan seorang anak tunadaksa laki-laki dengan inisial R yang mengalami permasalahan dalam penjumlahan bilangan cacah 1 sampai 20. Solusi yang dapat diberikan dengan memberikan intervensi pada media pembelajarannya dengan menggunakan aplikasi math master kids. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “apakah efektif kemampuan penjumlahan bilangan cacah melalui aplikasi math master kids untuk anak tunadaksa?” Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research dan desain A-B-A. Desain A-B-A meliputi A1 yaitu fase baseline yang merupakan kondisi awal anak sebelum intervensi, selanjutnya fase B ialah kondisi saat diberikannya intervensi, lalu A2 merupakan kondisi setelah diberi intervensi. Dengan menggunakan desain A-B-A ini, peneliti dapat mengukur kemampuan anak tunadaksa dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah 1 sampai 20 sebelum diberikan intervensi dan kemampuan akhir atau kemampuan yang diharapkan pada anak setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan media aplikasi math master kids. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada fase (A1) persentase kemampuan R yaitu 30%. Pada fase (B), persentase kemampuan R yaitu 60% - 80%. Pada fase (A2), persentase kemampuan R yaitu 80% - 90%. Dilihat dari data, terdapat peningkatan yang positif terhadap kemampuan R. Sehinggakemampuan penjumlahan bilangan cacah efektif melalui aplikasi math master kids untuk anak tunadaksa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI MATH MASTER KIDS, KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH, ANAK TUNADAKSA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:56
Last Modified: 13 Nov 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48172

Actions (login required)

View Item View Item