Annisa, Annisa
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Materi Bentuk Pecahan dengan
Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV
SDN 22 Magek Kabupaten Agam. penelitian ini adalah bagaimana peningkatan
hasil belajar materi bentuk pecahan dengan Pendekatan CTL di kelas IV SDN 22
Magek Kabupaten Agam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar materi bentuk pecahan menggunakan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten
Agam.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam
sebanyak 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki, dan 13 siswa perempuan.
Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian
yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan non tes.
Instrument penelitian berupa lembar observasi dan butir soal.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 79 % (B),
Siklus II meningkat menjadi 94.4% (SB); b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I
82,5% (B), Siklus II meningkat menjadi 96% (SB); c) Pelaksanaan pada aspek
siswa siklus I 82,5% (B) dan Siklus II meningkat menjadi 96 % (SB); d) hasil
belajar siswa siklus I 72 (C), Siklus II 88 (AB). Dengan demikian pendekatan CTL
(Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika
siswa pada materi bentuk pecahan di kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam
Actions (login required)
|
View Item |