Peningkatan Hasil Belajar Materi Bentuk Pecahan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam

Annisa, Annisa (2023) Peningkatan Hasil Belajar Materi Bentuk Pecahan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ANNISA_16129287_2451_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam. penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar materi bentuk pecahan dengan Pendekatan CTL di kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi bentuk pecahan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam sebanyak 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki, dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan non tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan butir soal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 79 % (B), Siklus II meningkat menjadi 94.4% (SB); b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 82,5% (B), Siklus II meningkat menjadi 96% (SB); c) Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 82,5% (B) dan Siklus II meningkat menjadi 96 % (SB); d) hasil belajar siswa siklus I 72 (C), Siklus II 88 (AB). Dengan demikian pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi bentuk pecahan di kelas IV SDN 22 Magek Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorZaini, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:44
Last Modified: 10 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48169

Actions (login required)

View Item View Item