Mizan, Hasnal
(2023)
Efektivitas Media Card Sort terhadap Kemampuan Mengingat Katakana Siswa SMAN 1 Kota Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dalam proses pembelajaran bahasa Jepang masih banyak ditemui pemula yang mengalami kesulitan saat mengingat huruf katakana. Salah satu kesulitan dalam mengingat katakana adalah karena huruf katakana yang mirip dengan huruf katakana lainnya. Berdasarkan pengamatan peneliti saat melakukan praktik pendidikan lapangan (PPL) di SMAN 1 Kota Solok, dan wawancara dengan guru bahasa Jepang di sekolah tersebut menunjukkan bahwa siswa merasa susah dalam mengingat katakana, sebagian dari mereka memilih untuk diam dan tidak bertanya kepada guru, sebagian yang lain mengutarakan kesulitan mereka dalam mempelajari katakana. Hal ini menyebabkan kurangnya minat dalam mempelajari katakana. Oleh karena itu, diperlukan media baru yang bisa memberikan suasana baru dan meningkatkan minat siswa serta mempermudah siswa dalam mempelajari katakana. Penggunaan media card sort salah satu media yang memungkinkan untuk mewujudkan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media card sort terhadap kemampuan mengingat katakana siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kota Solok. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen dengan desain posstest only control group. Data diambil dari sampel penelitian kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 50 orang. berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada taraf signifikan 5% karena thitung>ttabel (6,93>2,00) yang berarti kemampuan mengingat katakana pada kelas eksperimen jauh berbeda dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaan media card sort efektif dalam meningkatkan kemampuan mengingat katakana.
Actions (login required)
|
View Item |