Efektivitas Media Papan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang

Putri, Sovia Eka (2023) Efektivitas Media Papan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_SOVIA_EKA PUTRI_19003163_6869_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang dimilikian ak tunagrahita kelas IV/ C yaitu berkaitan dengan kemampuan mengenal huruf konsonan yang dimilikisiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media papan huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan bagi anak tunagrahitaringan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain berbentuk A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringa nkelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan tekniktes yang terdiri dari beberapa butirsoal. Kemudian menggunakan teknikan alisis data dengan visual grafik. Hasil analisis sebanyak 12 kali pengamatan, data yang didapatkan pada setiap kondisi yaitu pada baseline (A1)30%,30%, dan 30%. Selanjutnya pengamatan saat kondisi intervensi (B) dengan persentase 65%, 70%, 80%, 85%, 85%,dan85%. Terakhir pengamatan yang dilaksanakan pada kondisi baseline (A2) dengan perolehan persentase yaitu 90%, 90% dan 90%. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa media papan huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, IrdaUNSPECIFIED
CorrectorSilvia, RaRahmah TriUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PAPAN HURUF, HURUF KONSONAN, ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:42
Last Modified: 10 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48160

Actions (login required)

View Item View Item