Gumara, Oksa Haryandi
(2023)
Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan pada Materi Pokok Pola Hidup
Sehat untuk Siswa Kelas VII SMP.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di sekolah SMP Negeri 19
Kerinci, terlihat keterbatasan sumber belajar yang berupa e-modul dalam mata
pelajaran jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan e-modul materi pokok pola hidup sehat untuk siswa kelas VII
sekolah menengah pertama.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and
Development) dengan model pengembangan ADDIE atau Analysis, Define,
Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP
Negeri 19 Kerinci, SMP Negeri 5 Kerinci dan SMP Negeri 34 Kerinci. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik pengumpulan
data berupa instrument yang telah divalidasi oleh pakar. Teknik analisis data
menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan skala penilaian
dan rentang persentase.
Hasil penelitian menunjukan 1) produk e-modul mata pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan pada materi pokok pola hidup sehat
untuk siswa kelas VII SMP sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dengan
nilai validasi sebesar 89 %, 2) produk e-modul mata pelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan pada materi pokok pola hidup sehat untuk siswa kelas VII
SMP yang dikembangkan efektif untuk siswa SMP kelas VII dengan hasil uji
efektivitas sebesar 0,000 < 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |