Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Adobe Flash Sebagai Suplemen Praktikum Uji Kandungan Makanan untuk Peserta Didik SMA

Harefa, Foarota (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Adobe Flash Sebagai Suplemen Praktikum Uji Kandungan Makanan untuk Peserta Didik SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FOAROTA_HAREFA_18031103_530_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru untuk membantu menyampaikan informasi pembelajaran yang berisi materi pelajaran yang ditujukan kepada peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam media pembelajaran diharap mampu menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik. Salah satu bentuk media pembelajaran adalah video animasi, bertujuan untuk membantu peserta didik memahami suatu materi pelajaran melalui video animasi yang bersifat audio-visual, dimana akan menampilkan gambar, suara dan juga rangkaian materi pelajaran didalamnya dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran video animasi menggunakan adobe flash sebagai suplemen praktikum uji kandungan makanan untuk peserta didik SMA yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal juga dengan Research and Development. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam pengumpulan data yang diperlukan. Pengumpulan data meliputi hasil analisis wawancara yang dilakukan kepada guru, observasi kepada peserta didik serta proses validasi kepada validator. Setelah melalui proses validasi kemudian produk video animasi yang dikembangkan dilakukan uji coba kepada guru dan peserta didik melalui proses uji praktikalitas. Hasil penelitian yang didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dan didapatkan media pembelajaran video animasi menggunakan adobe flash sebagai suplemen praktikum uji kandungan makanan sudah sangat valid dengan persentase 90,50% serta rata-rata nilai praktikalitas yaitu 94,80% dengan kriteria sangat praktis. Dari kedua hasil data validitas dan praktikalitas yang telah didapat, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi menggunakan adobe flash yang sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada kegiatan praktikum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO ANIMASI, ADOBE FLASH
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:42
Last Modified: 09 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48154

Actions (login required)

View Item View Item