Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran RANDAI pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk Kelas XI SMA/MA

Arda, Fauziyah (2023) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran RANDAI pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FAUZIYAH_ARDA_18031040_1716_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan abad ke-21 yang berperan penting dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis (critical thinking). Keterampilan yang mengarahkan peserta didik untuk lebih tanggap dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran biologi. Hasil penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem gerak dikategorikan cukup dengan nilai 43,1. Upaya yang dilakukan untuk melatih keterampilan berpikir kritis yaitu dengan mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran RANDAI. Adapun tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran RANDAI pada materi sistem gerak pada manusia untuk Kelas XI SMA yang valid dan terbaca dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Karena keterbatasan waktu dan dana, penelitian dilakukan sampai tahap develop terhadap uji validitas dan uji keterbacaan. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi sebagai validator, serta 31 peserta didik Kelas XI IPA 1 dan satu orang guru biologi SMAN 2 Lintau Buo sebagai responden untuk uji keterbacaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket observasi, lembar angket validasi dan keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji validitas 94,25 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh guru 92,26 dan peserta didik 92,69 dengan kriteria terbaca dengan sangat baik, serta lembar angket observasi digunakan untuk data analisis awal-akhir dan analisis peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD Berbasis Model Pembelajaran RANDAI pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk Kelas XI SMA/MA yang sangat valid dan terbaca dengan sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:42
Last Modified: 09 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48153

Actions (login required)

View Item View Item