Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kamang Magek Tahun Pelajaran 2022/2023

Rahmi, Fintia (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kamang Magek Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FINTIA_RAHMI_17029021_1985_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam belajar. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kamang Magek masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil observasi yang telah dilakukan. Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih belum bisa memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis mereka. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kamang Magek yang belajar dengan menggunakan model TPSq lebih baik apabila dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Posttest Only Design with Nonequivalent Group. Populasinya adalah peserta kelas IX SMP Negeri 2 Kamang Magek tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik nonprobability sampling, sehingga didapatkan kelas sampel yaitu kelas IX.1 sebagai kelas kontrol dan IX.2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep matematis. Data perkembangan pemahaman konsep matematis dideskripsikan melalui hasil kuis setiap pertemuan, sedangkan tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil kuis, diperoleh bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis cenderung meningkat selama diterapkannya model pembelajaran TPSq. Pada tes akhir diperoleh P-value = 0,048 kurang dari ∝= 0,05, artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRusyda, Nurul AfifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:06
Last Modified: 09 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48149

Actions (login required)

View Item View Item