Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SDN 10 Bandar Buat Kota Padang

Putra, Aditya (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ADITYA_PUTRA_19129085_4114_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru serta kurang mengorientasikan peserta didik pada masalah nyata yang ada di sekitar peserta didik sehingga peserta didik belum bisa memahami konsep yang dipelajari secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas VB SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah RPP, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VB SDN 10 Bandar Buat Kota Padang dengan jumlah 24 orang peserta didik Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 87,49% dengan kategori (B), meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kategori (SB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 82,14% dengan kategori (B), meningkat pada siklus II yaitu 92,85% dengan kategori (SB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 82,14% dengan kategori (B), meningkat pada siklus II yaitu 92,85% dengan kategori (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai 75,2 dengan kategori (C), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85,25 dengan kategori (B). Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas VB SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:53
Last Modified: 09 Nov 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48144

Actions (login required)

View Item View Item