Kesiapan Siswa SMA Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Tawalani, Yurike Adyel (2023) Kesiapan Siswa SMA Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_YURIKE_ADYEL_TAWALANI_18006349_95_2023.pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dan fungsi pendidikan di SMA adalah mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, masih ditemukan beberapa siswa belum memiliki kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kesiapan siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi terdiri atas prestasi akademik, perilaku, motivasi, katerlibatan sosial, keadaan keluarga, dan karakteritik sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesiapan siswa SMA melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 2X11 Kayutanam kelas X dan XI dengan jumlah populasi penelitian 264 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling sebanyak 160 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data interval. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen kesiapan siswa SMA melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan model skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan siswa SMA melanjutkan studi ke perguruan tinggi dilihat berdasarkan : 1) aspek prestasi akademik berada pada kategori siap, 2) aspek perilaku berada pada kategori tidak siap,3) Aspek motivasi berada pada kategori tidak siap, 4) aspek keterlibatan sosial berada pada kategori cukup siap, 5) aspek keadaan keluarga berada pada kategori tidak siap, 6) aspek karakteristik sekolah berada pada kategori tidak siap. Berdasarkan temuan penelitian, guru BK/Konselor dapat berperan dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling dan bekerja sama dengan pihak sekolah serta orang tua dalam meningkatkan kesiapan siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan pentingnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Melalui layanan bimbingan dan konseling guru BK/Konselor dapat memberikan berbagai jenis layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa diantaranya layanan informasi, layanan penguasaan konten, dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:41
Last Modified: 09 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48143

Actions (login required)

View Item View Item