Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Tema 8 Di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang

Mardalena, Irma (2023) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Tema 8 Di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_IRMA_MARDALENA_19129128_7680_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 05 Padang Pasir Kota Padang bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar sehingga peserta didik menjadi pasif. Tujuan penelitian ini secara umum ialah untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kualtitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan dan pelaksanaan proses pembepelajaran menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian diolah dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pemerolehan hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa : (1) RPP mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki presentase rata-rata 86,11% dengan prediket baik (B) menjadi 91,66% sanagat baik (SB) pada siklus II. (2) Pelaksanaan pembelajaran melalui aspek yang terlihat pada guru mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki presentase rata-rata 86,11% dengan prediket baik (B) menjadi 94,44% sangat baik (SB) pada siklus II. Sedangkan aspek yang terlihat pada peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I dengan presentase rata-rata 87,50% dengan prediket baik (B) menjadi 91,66% sangat baik (SB) pada siklus II. Dengan demikian model kooperatif tipe Snowball Throwing telah dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05 Padang Pasir Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING, TEMATIK TERPADU, PROSES PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:42
Last Modified: 08 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48137

Actions (login required)

View Item View Item