Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Padang

Zalmi, Putri Ajusti (2023) Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PUTRI_AJUSTI_ZALMI_19016186_2777_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi merupakan dasar dalam menulis teks deskripsi yang perlu diperhatikan. Tujuan penelitian ini, yaitu pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mengidentifikasi gambaran umum data yang dianalisis sekaligus kode data; (2) mengklasifikasikan data dan menganalisis berdasarkan aspek yang akan diteliti, yaitu dari aspek struktur, diksi, dan ejaan teks deskripsi; dan (3) membuat laporan dan menyimpulkan deskripsi data. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal sebagai berikut. Pertama, struktur yang ditemukan dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang ada tiga, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup. Namun, masih ada teks yang hanya memiliki struktur identifikasi dan deskripsi bagian. Hal ini dibuktikan dari 30 teks deskripsi ditemukan 14 teks siswa yang memiliki struktur lengkap dan 16 teks yang tidak lengkap. Kedua, unsur kebahasaan teks deskripsi siswa ditemukan dua kebahasaan, yaitu diksi dan ejaan. Dalam aspek diksi, masih ditemukan diksi yang tidak tepat dalam teks deskripsi siswa. Sementara itu, dalam aspek ejaan yang digunakan dari segi pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca dalam teks deskripsi siswa masih ditemukan tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap teks deskripisi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang, dapat disimpulkan bahwa pertama, dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang sudah memiliki tiga struktur, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup. Dari 30 teks deskripsi yang dianalisis, struktur yang paling sedikit ditemukan, yaitu struktur penutup. Kedua, unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang sudah menggunakan dua kebahasaan, yaitu diksi dan ejaan. Dari aspek diksi masih ditemukan ketidaktepatan, ketidaksesuaian, dan ketidakekonimisan diksi. Dari 30 teks deskripsi yang dianalisis, ketidakekonomisan paling banyak ditemukan. Kemudian, dari aspek ejaan juga ditemukan adanya ketidaktepatan dalam pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Dari 30 teks deskripsi yang dianalisis, ketidaktepatan pada pemakaian huruf paling banyak ditemukan, terutama pemakaian huruf kapital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:04
Last Modified: 08 Nov 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48122

Actions (login required)

View Item View Item