Prasetiyo, Wahyu
(2023)
Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Sungai Penuh
(Studi Kasus SMA Negeri 4 Sungai Penuh Kota Sungai Penuh).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk, 1) mengetahui implementasi kurikulum
merdeka pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Sungai Penuh, 2)
mengetahui kendala implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Geografi
di SMA Negeri 4 Sungai Penuh, 3) memberikan solusi terhadap kendala
pengimplementasian kurikulum merdeka pada pembelajaran Geografi di SMA
Negeri 4 Sungai Penuh.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Penentuan informan dilakukan dengan
menggunakan metode Purposive Sampling. Informannya 14 orang terdiri dari
kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka prasarana, waka SDM,
waka humas, guru Geografi dan murid kelas X yang dianggap mengetahui lebih
banyak informasi mengenai kurikulum merdeka dan dapat memberikan data yang
valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Implementasi kurikulum merdeka
dimulai dari pengajuan oleh kepala sekolah kepada dinas pendidikan kemudian
kepala sekolah dan perwakilan guru mengikuti pelatihan kurikulum merdeka.
Selanjutnya sekolah harus menyiapkan beberapa tahapan yang dimulai dari
sosialisasi, pelatihan, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. 2) Ditemukan
kendala dan hambatan secara umum dalam tahapan implementasi kurikulum
merdeka. Sekolah kurang mendapatkan sosialisasi dan pelatihan, minimnya
anggaran dana, tidak terdapat kerangka panduan pelaksanaan kurikulum merdeka,
keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran, belum sesuainya mekanisme
kegiatan projek pancasila karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dari
SDM/ Guru. 3) Solusi yang dapat dilakukan yaitu: menambah informasi bacaan,
mencari referensi terpercaya, meningkatkan akses pembelajaran, manajemen
waktu, skil yang memadai, anggaran pembiayaan, kesiapan SDM , dan menjalin
kerjasama.
Actions (login required)
|
View Item |