Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Sungai Penuh (Studi Kasus SMA Negeri 4 Sungai Penuh Kota Sungai Penuh)

Prasetiyo, Wahyu (2023) Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Sungai Penuh (Studi Kasus SMA Negeri 4 Sungai Penuh Kota Sungai Penuh). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WAHYU_PRASETIYO_19045155_2881_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk, 1) mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Sungai Penuh, 2) mengetahui kendala implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Sungai Penuh, 3) memberikan solusi terhadap kendala pengimplementasian kurikulum merdeka pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Informannya 14 orang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka prasarana, waka SDM, waka humas, guru Geografi dan murid kelas X yang dianggap mengetahui lebih banyak informasi mengenai kurikulum merdeka dan dapat memberikan data yang valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Implementasi kurikulum merdeka dimulai dari pengajuan oleh kepala sekolah kepada dinas pendidikan kemudian kepala sekolah dan perwakilan guru mengikuti pelatihan kurikulum merdeka. Selanjutnya sekolah harus menyiapkan beberapa tahapan yang dimulai dari sosialisasi, pelatihan, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. 2) Ditemukan kendala dan hambatan secara umum dalam tahapan implementasi kurikulum merdeka. Sekolah kurang mendapatkan sosialisasi dan pelatihan, minimnya anggaran dana, tidak terdapat kerangka panduan pelaksanaan kurikulum merdeka, keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran, belum sesuainya mekanisme kegiatan projek pancasila karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dari SDM/ Guru. 3) Solusi yang dapat dilakukan yaitu: menambah informasi bacaan, mencari referensi terpercaya, meningkatkan akses pembelajaran, manajemen waktu, skil yang memadai, anggaran pembiayaan, kesiapan SDM , dan menjalin kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:12
Last Modified: 07 Nov 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48120

Actions (login required)

View Item View Item