Pengembangan LKPD dengan Pendekatan STEM pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya

Dasopang, Dian Sriani (2023) Pengembangan LKPD dengan Pendekatan STEM pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_DIAN_SRIANI_DASOPANG_18231006_5419_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahaluan wawancara ke guru dan peserta didik yang telah dilakukan di SMP 2 Portibi di Kabupaten Padang Lawas Utara, SMP Negeri 1 Padang bolak dan Mts Al Mukhtariyah Gunung Raya didapatkan bahwa implementasi Kurikulum merdeka belum optimal. Proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil wawancara dan penyebaran angket kepada guru IPA dan peserta didik di SMP 2 Portibi di Kabupaten Padang Lawas Utara, SMP Negeri 1 Padang bolak dan Mts Al Mukhtariyah Gunung Raya maka didapatkan hasil bahwa guru IPA belum menggunakan bahan ajar LKPD pendekatan STEM dan sebagian peserta didik masih kesulitan memahami materi tekanan zat dan penerapnnya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun karena keterbatasan waktu penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop. Produk yang dibuat adalah LKPD dengan pendekatan STEM pada materi tekanan zat dan penerapannya. Instrumen yang digunakan untuk pengujian validitas dan praktikalitas berupa lembar angket dengan validator produk terdiri dari tiga orang dosen pendidikan IPA sedangkan pengujian kepraktisan dilakukan oleh 2 orang guru IPA dan 30 orang peserta didik SMP Negeri 2 Portibi kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dianalisis dengan menggunakan rumus Moment Kappa untuk menganalisis hasil uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan analisis data yang didapatkan nilai validitas dan praktikalitas produk dengan rata-rata validitas sebesar 0, 52 berada pada kategori sedang dan rata rata praktikalitas menurut guru dan peserta didik berturut-turut adalah 0, 87 dan peserta didik 0, 87 berada pada kategori sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM pada materi tekanan zat dan penerapannya valid dan praktis untuk digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Rahmah EvitaUNSPECIFIED
CorrectorSari, MonicaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:09
Last Modified: 07 Nov 2023 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48114

Actions (login required)

View Item View Item