Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas IV SD Negeri 6 Kampung Lapai

Nanditha, Yunie (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas IV SD Negeri 6 Kampung Lapai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Yunie_Nanditha_19329201_2687_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam membangun generasi bangsa yang berakhlak mulia. Namun kenyataannya, hasil belajar pada mata pelajaran PAI masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model yang belum baik variatif. Sehingga diperlukan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian bertujuan untuk melihat seberapa besar efektivitas penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 6 Kampung Lapai. Populasi dalam penelitian ini kelas IV yang berjumlah 103 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa dan kelas IVD sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Hasil validitas soal pada penelitian menunjukkan 20 soal valid dari 28 soal yang diujicobakan. Reliabilitas soal menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai 0,823> 0,60 yang berarti soal memiliki reliabilitas yang tinggi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas dan homogenitas serta uji linieritas terlebih dahulu. Hasilnya kedua data bersifat normal dan homogen serta linier. Pada uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai sig = 0,144 > 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig = 0,200 > 0,05. Sedangkan uji homogenitas diperoleh nilai F hitung = 1,385< F tabel = 2,019. Adapun data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample T-test dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model NHT meningkat, berada pada kategori sangat tinggi diketahui pada interval 94–100 memiliki frekuensi terbanyak dengan 9 siswa atau 39,1%. 3) Hasil pengujian hipotesis uji t diperoleh bahwa T hitung = 2.855 > T tabel = 2.011, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen serta terdapat pengaruh signifikan antara Model Numbered Head Together terhadap hasil belajar PAI. Besar efektivitas penerapan model NHT terhadap hasil belajar PAI yaitu sebesar 85,66% termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:06
Last Modified: 07 Nov 2023 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48110

Actions (login required)

View Item View Item