Nanditha, Yunie
(2023)
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas IV
SD Negeri 6 Kampung Lapai.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam membangun
generasi bangsa yang berakhlak mulia. Namun kenyataannya, hasil belajar pada mata
pelajaran PAI masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model yang
belum baik variatif. Sehingga diperlukan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan
baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Salah satu model yang dapat
digunakan yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian
bertujuan untuk melihat seberapa besar efektivitas penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 6 Kampung Lapai. Populasi dalam penelitian ini
kelas IV yang berjumlah 103 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai
kelas kontrol sebanyak 26 siswa dan kelas IVD sebagai kelas eksperimen sebanyak 23
siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes
hasil belajar siswa. Hasil validitas soal pada penelitian menunjukkan 20 soal valid dari 28
soal yang diujicobakan. Reliabilitas soal menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai
0,823> 0,60 yang berarti soal memiliki reliabilitas yang tinggi. Sebelum pengujian
hipotesis, dilakukan uji normalitas dan homogenitas serta uji linieritas terlebih dahulu.
Hasilnya kedua data bersifat normal dan homogen serta linier. Pada uji normalitas kelas
eksperimen diperoleh nilai sig = 0,144 > 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig =
0,200 > 0,05. Sedangkan uji homogenitas diperoleh nilai F
hitung
= 1,385< F
tabel
= 2,019.
Adapun data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample
T-test dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil belajar siswa kelas
eksperimen setelah menggunakan model NHT meningkat, berada pada kategori sangat
tinggi diketahui pada interval 94–100 memiliki frekuensi terbanyak dengan 9 siswa atau
39,1%. 3) Hasil pengujian hipotesis uji t diperoleh bahwa T
hitung
= 2.855 > T
tabel
= 2.011,
sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar
kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen serta terdapat pengaruh signifikan antara
Model Numbered Head Together terhadap hasil belajar PAI. Besar efektivitas penerapan
model NHT terhadap hasil belajar PAI yaitu sebesar 85,66% termasuk dalam
kategori efektif.
Actions (login required)
|
View Item |