Analisis Konten Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Representasi Tetrahedral Chemistry pada Materi Sifat Koligatif Larutan

Ananda, Eriska Dwi (2023) Analisis Konten Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Representasi Tetrahedral Chemistry pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ERISKA_DWI_ANANDA_17035089_6094_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kimia adalah ilmu yang mempelajari sifat dan komposisi materi. Peserta didik memerlukan sumber informasi untuk mempelajari materi ini. Sumber informasi peserta didik maupun pendidik untuk memperoleh pengetahuan mengenai materi ini adalah melalui penggunaan buku teks. Setiap fenomena kimia memiliki tiga representasi, yaitu makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik. Representasi ini dikenal dengan metafora segitiga Johnstone. Adanya representasi tersebut dapat membantu perserta didik dalam memahami dan menjelaskan fenomena kimia. Selain ketiga representasi ini juga diperlukan representasi human element untuk menekankan pentingnya hubungan peserta didik dengan reaksi dan proses kimia dalam kehidupan. Dengan demikian, metafora yang sudah ada sebelumnya diperluas menjadi representasi tetrahedral chemistry. Salah satu materi kimia yang penting untuk dipelajari oleh peserta didik SMA/MA kelas XII berdasarkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 adalah sifat koligatif larutan. Penelitian ini menganalisis konten buku teks kimia SMA berdasarkan representasi tetrahedral chemistry. Penelitian ini menggunakan teknik analisis konten yang dilakukan berdasarkan krteria beserta tipologi yang dikembangkan oleh Gkitzia et al., (2011) serta indikator human element yang bersumber dari Mahaffy (2006). Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari tiga buku teks kimia karangan Unggul Sudarmo, Michael Purba, serta Sentot Budi Rahardjo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu aplikasi ATLAS.ti dan lembar reliabilitas. Hasil penelitian ini yaitu analisis konten buku teks kimia berdasarkan representasi tetrahedral chemistry pada materi sifat koligatif larutan. Berdasarkan hasil analisis ini peneliti dapat mengetahui buku teks kimia yang banyak memuat representasi tetrahedral chemistry. Adanya hasil analisis ini dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih buku teks kimia yang akan digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KONTEN BUKU TEKS KIMIA SMA/MA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:06
Last Modified: 07 Nov 2023 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48109

Actions (login required)

View Item View Item