Aprilli, Elsa (2023) Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory pada Materi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_7_ELSA_APRILLI_19035014_3305_2023.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan era revolusi industri 4.0 harus selalu mengikuti perkembangan IPTEK. Salah satu bentuk perkembangan IPTEK di bidang pendidikan adalah penggunaan bahan ajar elektronik yang dinamakan e-modul dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Basa Ampek Balai tahun ajaran 2022/2023 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabelitas, daya beda, serta indeks kesukaran dengan kategori soal baik. Efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory dapat diketahui melalui uji n-gain. Analisis n-gain diperoleh hasil dengan nilai g = 0.801 yang menyatakan efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa memiliki kategori tinggi sehingga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI VIRTUAL LABORATORY | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 08:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 08:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48108 |
Actions (login required)
View Item |