Hubungan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Aliyah Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai Sikek di Masa Pandemi.

Lubis, Nada Melati (2023) Hubungan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Aliyah Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai Sikek di Masa Pandemi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_NADA_MELATI_LUBIS_17006020_289_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia dalam masa covid-19 mempunyai tantangan bagi para pengajar di sekolah sehingga diperlukan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran pembelajaran daring (online), pembelajaran bertatap muka namun bershift sesuai kelas yang ditentukan dan pembelajaran tatap muka dengan jam pulang sekolah lebih cepat dari jam biasanya. Dengan kondisi tersebut menyebabkan hambatan dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa.Tinggi rendahnya motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar, yaitu kondisi lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan orangtua, mendeskripsikan motivasi belajar dan mendeskripsikan hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa aliyah PPMTI Koto Tinggi Pandai Sikek. Oleh sebab itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “hubungan dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa aliyah PPMTI Koto Tinggi Pandai Sikek di masa pandemi?”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan analisis korelasional dengan sampel 53 siswa Aliyah PPMTI . Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling.Instrumen pengumpulan data adalah angket dukungan orangtua dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan skala model Likert. Data diolah menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dan teknikkorelasi product moment pearson. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) dukungan orangtua pada siswa Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai Sikek pada umumnya berada pada kategori tinggi (54,72%). (2) motivasi belajar pada siswa Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai Sikek pada umumnya berada pada kategori tinggi (45,28%), (3) Terdapat hubungan yang positif antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai Sikek dengan besar nilai koefisien korelasi 0,598 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Guru BK perlu merancang program meningkatkan dukungan orangtua menjadi sangat tinggi sehingga motivasi belajar siswa menjadi meningkat sangat tinggi pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:30
Last Modified: 07 Nov 2023 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48099

Actions (login required)

View Item View Item