Lubis, Nada Melati
(2023)
Hubungan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Aliyah Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai Sikek di Masa Pandemi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan di Indonesia dalam masa covid-19 mempunyai tantangan bagi
para pengajar di sekolah sehingga diperlukan pembelajaran menggunakan metode
pembelajaran pembelajaran daring (online), pembelajaran bertatap muka namun
bershift sesuai kelas yang ditentukan dan pembelajaran tatap muka dengan jam
pulang sekolah lebih cepat dari jam biasanya. Dengan kondisi tersebut
menyebabkan hambatan dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi
motivasi belajar siswa.Tinggi rendahnya motivasi belajar dipengaruhi oleh
beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar,
yaitu kondisi lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dukungan orangtua, mendeskripsikan motivasi belajar dan mendeskripsikan
hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa aliyah PPMTI
Koto Tinggi Pandai Sikek. Oleh sebab itu permasalahan yang dikaji dalam
penelitian ini adalah “hubungan dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa
aliyah PPMTI Koto Tinggi Pandai Sikek di masa pandemi?”.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan
analisis korelasional dengan sampel 53 siswa Aliyah PPMTI . Penarikan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling.Instrumen pengumpulan
data adalah angket dukungan orangtua dan motivasi belajar siswa dengan
menggunakan skala model Likert. Data diolah menggunakan teknik statistik
deskriptif persentase dan teknikkorelasi product moment pearson.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) dukungan orangtua pada
siswa Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai
Sikek pada umumnya berada pada kategori tinggi (54,72%). (2) motivasi belajar
pada siswa Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi
Pandai Sikek pada umumnya berada pada kategori tinggi (45,28%), (3) Terdapat
hubungan yang positif antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa
Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Koto Tinggi Pandai
Sikek dengan besar nilai koefisien korelasi 0,598 dan nilai signifikansi sebesar
0,000. Guru BK perlu merancang program meningkatkan dukungan orangtua
menjadi sangat tinggi sehingga motivasi belajar siswa menjadi meningkat sangat
tinggi pula.
Actions (login required)
|
View Item |