Motivasi Belajar Peserta Didik yang Proses Belajarnya Digabung dan Dipisah Antara Laki-laki dan Perempuan Dalam Satu Kelas.

Mardiah, Mutiah Radiyatan (2023) Motivasi Belajar Peserta Didik yang Proses Belajarnya Digabung dan Dipisah Antara Laki-laki dan Perempuan Dalam Satu Kelas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MUTIAH_RADIYATAN_MARDIAH_18006289_2794_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

dalam menumbuhkan gairah, kesenangan, dan semangat dalam belajar. Namun pada nyatanya, masih ada ditemukan peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat gambaran bagaimana motivasi belajar siswa yang proses belajarnya digabung dan dipisah antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling, dan ditetapkan sebanyak 188 sampel. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen motivasi belajar dengan model skala likert. Data diolah dengan menggunakan rumus interval dan persentase skor. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwa, motivasi belajar peserta didik yang proses belajarnya digabung laki-laki dan perempuan dalam satu kelas berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 59,81%, kelas yang hanya terdapat laki-laki berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 46,34%, dan kelas yang hanya terdapat perempuan berada pada kategori tinggi sebesar 57,50%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa kelas yang proses belajarnya digabung laki-laki dan perempuan memiliki persentase lebih tinggi dari kelas yang dipisah antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan kelas yang dipisah antara laki-laki dan perempuan, kelas yang hanya terdapat perempuan memiliki persentase cenderung sedikit lebih tinggi daripada kelas yang hanya terdapat laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:28
Last Modified: 07 Nov 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48098

Actions (login required)

View Item View Item