Nida, Diini Fitrahtun (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi SMA Materi Fotosintesis Berbasis Literasi Visual untuk Kelas XI Fase F. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_3_DIINI_FITRAHTUN_NIDA_19031007_6111_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Literasi visual merupakan kemampuan menginterpretasikan dan memberi makna sebuah informasi yang berbentuk gambar atau visual. Literasi visual termasuk kedalam daftar keterampilan abad-21. Namun, belum semua peserta didik menguasai literasi visual dengan baik terutama pada materi fotosintesis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan bahan ajar yang tepat dan benar. Bahan ajar yang digunakan berupa buku paket dan belum semua peserta didik yang memiliki. Selain itu, kendala yang dialami guru adalah melakukan pembelajaran bervariasi. Salah satu bentuk pembelajaran bervariasi dapat dilakukan dengan variasi penggunaan bahan ajar. Modul pembelajaran dapat dijadikan salah satu bentuk pengoptimalan dan variasi penggunaan bahan ajar untuk melatih literasi visual pada materi fotosintesis kelas XI fase F. Oleh karena itu, dikembangkan modul pembelajaran biologi SMA materi fotosintesis berbasis literasi visual untuk kelas XI fase F. Penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, develop. Penelitian dilakukan sejak Desember 2022 sampai Juli 2023. Subjek penelitian adalah 32 orang peserta didik XI F1 dan 22 peserta didik XI F2, 1 orang guru Biologi SMAN 3 Padang dan dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP. Objek Penelitian adalah modul pembelajaran biologi materi fotosintesis berbasis literasi visual untuk kelas XI fase F. Instrumen pengumpulan data adalah angket observasi, wawancara, uji validitas dan praktikalitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan modul pembelajaran biologi SMA materi fotosintesis berbasis literasi visual untuk kelas XI fase F yang sangat valid (94,23%) dan sangat praktis (97,91%) menurut guru serta sangat praktis (90,32%) menurut peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48095 |
Actions (login required)
View Item |