Penerapan Materi Tangga Nada dan Interval untuk Memperkuat Intonasi dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 29 Padang

Kasih, Nanda Setianing (2023) Penerapan Materi Tangga Nada dan Interval untuk Memperkuat Intonasi dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NANDA_SETIANING_KASIH_19232006_2718_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan materi tangga nada dan interval untuk memperkuat intonasi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (Extion Recerch) yang menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil penerapan materi tangga nada dan interval untuk memperkuat intonasi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 29 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian hasil datanya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan materi tangga nada dan interval sangat bermanfaat untuk menguatkan intonasi dalam menyanyikan materi lagu yamko rambe yamko pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 29 Padang. Hasil penelitian ini adalah penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus II dilakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada siklus I. Setelah melalui proses latihan pada kegiatan ekstrakurikuler paduan suara, peningkatan intonasi bernyanyi siswa diperoleh dari hasil analisis data evaluasi: persentase peningkatan intonasi bernyanyi siswa pada siklus I 22,1% mengalami peningkatan dari pra-siklus. Yang sebelumnya hanya 1 orang yang mendapat nilai “tuntas”menjadi 3 orang yang “tuntas” pada siklus I dengan persentase 33,3% jumlah siswa yang lulus. Pada siklus II setelah peneliti melakukan refleksi dari siklus I, mununjukkan 44,5% mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya. Yang pada siklus I 3 orang yang mendapatkan nilai “tuntas” menjadi 7 orang yang mendapatkan nilai “tuntas” dengan persentase jumlah kelulusan sebanyak 77,8%. Dengan demikian hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan materi tangga nada dan interval pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara dapat meningkatkan dan memperkuat intonasi bernyanyi siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 29 Padang. Selain itu capaian siswa lainya yaitu bisa menyanyikan materi lagu yamko yambe yamko baik secara unisono (satu suara) maupun pecahan suara (suara 1 dan 2) dengan baik. Sebelum diterapkan materi tangga nada dan interval pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara ditemukan bahwa hanya satu siswa saja yang tepat dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko dengan benar dan setelah diterapkan hampir seluruh siswa dapat bernyanyi dengan baik dalam menyuarakan setiap nada dengan teknik intonasi yang benar serta punya rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil bernyanyi yang lebih baik dengan diterapkannya materi tangga nada dan interval selama enam kali pertemuan di SMP Negeri 29 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYensharti, YenshartiUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, RobbyUNSPECIFIED
CorrectorHadi, HasrinalUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:28
Last Modified: 07 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48086

Actions (login required)

View Item View Item