Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 melalui Media Pop Up Book bagi Anak Tunagrahita Ringan

Gustia, Hilma (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 melalui Media Pop Up Book bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_HILMA_GUSTIA_19003138_7184_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas IV/C yaitu terdapat seorang anak tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 dengan menggunakan media pop up book. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini, yaitu anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Hikmah Reformasi Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes yang terdiri dari beberapa butir soal. Selanjutnya teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis visual grafik. Hasil analisis sebanyak 16 kali pengamatan, data yang didapatkan pada setiap kondisi yaitu pada baseline (A1) 28%, 32%,32%, 32%. Pada pengamatan saat kondisi intervensi dengan persentase 44%, 52%, 60%, 68%, 76%, 84%, 84%, 84%. Terakhir pada pengamatan yang dilaksanakan pada kondisi baseline (A2) dengan perolehan persentase yaitu 84,%, 88%, 88%, 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 meningkat setelah menggunakan media pop up book. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 dari kondisi baseline (A1) ke kondisi setelah diberikan intervensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LAMBANG BILANGAN, POP UP BOOK, TUNAGRAHITA RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:53
Last Modified: 07 Nov 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48085

Actions (login required)

View Item View Item