Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang

Putri, Fanny Amelia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_FANNY_AMELIA_PUTRI_19129217_7544_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada belum optimalnya proses pembelajaran tematik terpadu dalam pembelajaran karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih terpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak rendahnya hasil belajar peserta diik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiaman penerapan model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dikelas V. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 orang pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), tes dan non tes. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian RPP, lembar pengamatan aspek guru dan peserta didik, dan lembar tes evaluasi. Data yang didapatkan dalam penelitian kemudian diolah dengan menggunakan model analisis data kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian (1) RPP siklus I persentase rata-rata 83,33% dengan predikat baik (B) dan menjadi 94,44% sangat baik (SB) pada siklus ke-II. (2) pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I persentase rata-rata 82,50% dengan predikat baik (B) dan menjadi 95,00% sangat baik (SB) pada siklus ke-II, dari aspek peserta didik siklus I persentase rata-rata 82,50% dengan predikat baik (B) dan menjadi 95,00% sangat baik (SB) pada siklus ke-II. Terakhir (3) hasil belajar peserta didik siklus I rata-rata 80 dengan predikat baik (B) dan menjadi 96 sangat baik (SB) pada siklus ke-II. Dengan demikian, model cooperative tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK., PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:13
Last Modified: 07 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48073

Actions (login required)

View Item View Item