Pengaruh Resiliensi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Putri, Fovi Rahmayuni (2023) Pengaruh Resiliensi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FOVI_RAHMAYUNI_PUTRI_18006267_2389_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setelah melakukan proses belajar dalam kurun waktu tertentu maka didapatlah hasil capaian, hasil capaian ini yang dimaksud dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya hambatan atau kesulitan yang ditemui siswa ketika proses belajar. Pemahaman siswa tentang pelajaran rendah sehingga hasil belajar siswa rendah, siswa kurang tekun dan sering kurang fokus dalam pembelajaran, cenderung cepat stres ketika menghadapi tuntutan akademik dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Ketika siswa mengalami masalah atau kesulitan maka hal itu dapat membuat siswa berada dalam tekanan dan keterpurukan. Usaha siswa untuk dapat bangkit dari keterpurukan dan masalahnya agar dapat menjalankan kegiatan akademik yang seharusnya ini disebut resiliensi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan resiliensi akademik siswa SMA N 11 Padang, (2) mendeskripsikan prestasi belajar siswa SMA N 11 Padang, (3) menguji apakah ada pengaruh yang signifikan antara resiliensi akademik dengan prestasi belajar siswa di SMA N 11 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 11 Padang dengan sampel penelitian berjumlah 255 orang yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala resiliensi akademik dan prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi menggunakan program statistik SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa prestasi belajar siswa SMA N 11 Padang tergolong pada kategori rendah dan resiliensi akademik siswa SMA N 11 Padang juga berada pada tingkat rendah serta adanya pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar dengan resiliensi akademik siswa di SMA N 11 Padang yang dapat dilihat dari tabel Anova F hitung 13,242 dan signifikansi 0,000 yang berarti < 0,05. Upaya guru BK dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa yang diharapkan akan berdampak pada siswa memiliki prestasi belajar yang baik dan memuaskanyaitu dengan memberikan layanan informasi dengan materi: pentingnya resiliensi akademik, kiat-kiat meningkatkan resiliensi akademik dan kiat kiat meningkatkan prestasi belajar. Pemberian layanan konseling individual dan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYendi, Frischa MeivilonaUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:13
Last Modified: 07 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48072

Actions (login required)

View Item View Item