Persepsi Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2022 terhadap Mata Kuliah Tashhih Tilawah Alquran

Ningsih, Tri Afrida (2023) Persepsi Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2022 terhadap Mata Kuliah Tashhih Tilawah Alquran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Tri_Afrida_Ningsih_19329055_3513_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Alquran merupakan sumber hukum Islam yang paling utama, prodi PAI merupakan salah satu prodi yang dominan berinteraksi dengan Alquran. Akan menjadi persoalan jika mahasiswa prodi PAI tidak mampu untuk membaca Alquran dengan baik dan benar, diadakan suatu mata kuliah yakni Tashhih Tilawah Alquran untuk mengatasi persoalan tersebut. Namun mahasiswa prodi PAI memiliki respon dan pandangan yang berbeda terhadap pelaksanaan pembelajaran mata kuliah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran, serta persepsi positif dan negatif mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sumber data diperoleh melalui wawancara kepada kepala prodi PAI, dosen pengampu dan mahasiswa. Peneliti menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data hasil wawancara. Selain itu data juga diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil temuan dalam penelitian ini 3 hal berikut yaitu Pertama, pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran terdiri dari beberapa komponen pembelajaran yaitu sistem pembelajaran (diusahakan dilakukan secara tatap muka), alokasi waktu (2 sks setara dengan 2x50 menit), metode (talaqqi musyafahah dan metode ceramah), media (media manusia dipadukan dengan media PPT, Alquran KSA Edu dan Alquran Word), materi (materi berpedoman dari buku Tajwid karangan Ismail Tekan, serta materi mengenai irama dalam membaca Alqura), dan evaluasi (dilakukan dengan tes dan non tes). Kedua, persepsi positif mahasiswa prodi PAI angkatan 2022 terhadap mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran diantaranya: a) mempelajari Alquran agar menjadi hamba yang bertaqwa. b) belajar Tashhih Tilawah Alquran penting karena umat Islam perlu memahami Alquran. c) belajar Tashhih Tilawah Alquran meningkatkan kualitas dalam membaca Alquran. d) belajar Tashhih Tilawah Alquran menghindarkan dari perubahan arti dan makna saat membaca Alquran. Ketiga, persepsi negatif mahasiswa prodi PAI angkatan 2022 terhadap mata kuliah Tashhih Tilawah Alquran diantaranya: a) metode pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi. b) jadwal belajar yang tidak menetap. c) waktu belajar yang singkat. d) kapasitas peserta didik dalam kelas terlampau banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:58
Last Modified: 06 Nov 2023 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48061

Actions (login required)

View Item View Item