Kontribusi Ibu Rumah Tangga Pengrajin Tenun Songket Silungkang dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto

Viona, Viona (2023) Kontribusi Ibu Rumah Tangga Pengrajin Tenun Songket Silungkang dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_VIONA_17005097_1191_2023.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterlibatan/keikutsertaan ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pengrajin tenun yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan keluarga di Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan kontribusi ibu rumah tangga dari (segi tindakan) keterlibatan dan keikutsertaan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto. (2) menggambarkan kontribusi ibu rumah tangga dari (segi materi) sumbangan/bantuan dana dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu rumah tangga pengrajin tenun songket yang tinggal di Desa Silungkang Oso sebanyak 80 orang. Teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpul data adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian kontribusi ibu rumah tangga pengrajin tenun songket dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto dari segi (1) keterlibatan/keikutsertaan responden yang menjawab angket lebih banyak menjawab pertanyaan selalu hal ini menandakan kontribusi ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga cukup tinggi bisa dilihat dari jawaban responden. (2) sumbangan/bantuan dana responden yang menjawab angket lebih banyak menjawab pertanyaan selalu hal ini menandakan kontribusi ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga cukup tinggi bisa dilihat dari jawaban responden. Ibu rumah tangga pengrajin tenun songket harus bisa menyeimbangkan pekerjaan dan pekerjaan rumah. Mereka dianggap sebagai ibu rumah tangga yang juga harus melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak dan mencuci pakaian agar segala sesuatunya lancar baik di rumah maupun di luar rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MhdUNSPECIFIED
CorrectorSolferma, SolfermaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:44
Last Modified: 06 Nov 2023 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48050

Actions (login required)

View Item View Item