Hubungan Antara Metode Pembelajaran dengan Hasil Belajar Peserta Didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat

Putri, Elvi Maulida (2023) Hubungan Antara Metode Pembelajaran dengan Hasil Belajar Peserta Didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_ELVI_MAULIDA_PUTRI_17005069_6913_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di TPA al-hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini diduga karena kurang baiknya metode pembelajaran di TPA al-hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menggambarkan Metode Belajar yang diterapkan dalam pembelajaran AL-Qur’an di tpa Al-Hafidz Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. 2) Menggambarkan Hasil Belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. 3) Untuk mengetahui Hubungan Metode Belajar dengan Hasil Belajar pesrta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabuoaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional atau hubungan, populasi penellitian berjumlah 45 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan diambil sebanyak 70% yaitu 32 orang. Tekhnik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian menemukan bahwa :1) Gambaran metode pembelajaran di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Paasaman Barat dikategorikan kurang baik, hal ini dapat dan dibuktikan dari hasil olah data angket yang telah dilakukan. 2) Gambran hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasamn Barat dikategorikan rendah. Hal ini dapat diamati melalui hasil belajar 20 peserta didik pada nilai 64-65 menjadi persentase terbanyak. 3) Terdapat hubungan yang signifikan anatara metode pembelajatran dengan hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Selanjutnya saran diharapakan kepada peneliti selanjutnya untuk bias meneliti variabel baru yang dapat memperlengkap variabel dan penelitian yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyura'ini, Syura'iniUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, SetiawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:59
Last Modified: 06 Nov 2023 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48049

Actions (login required)

View Item View Item