Profil Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 12 Padang

Pratama, Hasfira Benny (2023) Profil Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_HASFIRA_BENNY_PRATAMA_18005069_3605_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan fenomena yang ada pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 12 Padang. Ekstrakurikuler tari memiliki banyak prestasi, sistem metode latihan yang berbeda karena berkolaborasi dengan sanggar, jadwal kegiatan yang padat sehingga kegiatan sudah lebih daripada ekstrakurikuler , anggota ekstrakurikuler yang mendapatkan manfaat secara finansial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 12 Padang sehingga bisa berprestasi, dan banyak tampil di berbagai ajang lomba, acara resmi, bahkan stasiun televisi sumatera barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sumber data dari penelitian ini yaitu pembina ekstrakurikuler tari, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru kelas, siswa yang tergabung dalam keanggotaan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 12 Padang, dan siswa yg tidak bergabung di ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dalam kegiatan perencanaan ekstrakurikuler tari menetapkan tujuan terlebih dahulu, membuat strategi agar kegiatan terlaksana dengan baik, membuat strategi agar siswa bisa berprestasi, melibatkan seluruh warga dalam menjalankan kegiatan, menetapkan anggaran dana kegiatan dan menentukan jadwal kegiatan. (2) dalam kegiatan pengorganisasian ekstrakurikuler tari telah membuat struktur kepengurusan walau hanya untuk anggota saja, melakukan perekrutan anggota, menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan. (3) untuk kegiatan penggerakan ekstrakurikuler tari telah melaksanakan kegiatan dengan baik, serta memberikan motivasi kepada anggota ekstrakurikuler tari (4) pada kegiatan pengawasan ekstrakurikuler tari telah melakukan evaluasi kegiatan walau tidak bersifat formal dan juga telah melakukan analisis masalah beserta cara penyelesaiannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:06
Last Modified: 06 Nov 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48027

Actions (login required)

View Item View Item