Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Terintegrasi Etnosains pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII

Hayandi, Atiqah Ulya (2023) Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Terintegrasi Etnosains pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_ATIQAH_ULYA_HAYANDI_19231054_1144_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 dan revolusi industri 4.0 menuntut siswa untuk mampu menguasai beberapa keterampilan, salah satunya yaitu siswa dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kurikulum 2013 juga menuntut siswa agar dapat lebih aktif di dalam pembelajaran dan pola pembelajaran berpusat pada siswa, pola pembelajaran menjadi pembelajaran interaktif, pola pembelajaran berbasis multimedia. Namun kenyataan di sekolah yaitu masih banyak siswa yang belum aktif di dalam pembelajaran IPA khususnya di dalam materi energi dalam sistem kehidupan dan ditemukan juga kendala dari segi waktu untuk mengajarkan materi energi dalam sistem kehidupan ini, yang mana dinilai belum efektif dari segi waktu pengajarannya, sehingga dibutuhkan inovasi bahan ajar yang mampu membuat siswa aktif dan mandiri di dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan e-modul interaktif IPA terpadu pada materi energi dalam sistem kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi e-modul interaktif IPA terpadu terintegrasi etnosains pada materi energi dalam sistem kehidupan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Kelas eksperimen menggunakan e-modul interaktif IPA terpadu terintegrasi etnosains, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar cetak yang biasa digunakan di sekolah yaitu buku paket ipa kurikulum 2013 dan LKS. Berdasarkan hasil uji hipotesis berdasarkan hasil pretest dan posttest didapatkan nilai thitung adalah 5,137 dan nilai ttabel 2, yang mana nilai thitung > ttabel dan dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Implementasi e-modul interaktif IPA terpadu terintegrasi etnosains memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDiliarosta, SkundaUNSPECIFIED
CorrectorLestari, TutiUNSPECIFIED
CorrectorArif, KhairilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI E-MODUL INTERAKTIF IPA TERPADU TERINTEGRASI ETNOSAINS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Nov 2023 09:00
Last Modified: 03 Nov 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47978

Actions (login required)

View Item View Item