Pengembangan Instrumen Tes untuk Menguji Pemahaman Siswa pada Materi Asam Basa Berdasarkan Level Makroskopik, Sub-Mikroskopik dan Simbolik Menggunakan Model Rasch

Sulvianti, Arifah (2023) Pengembangan Instrumen Tes untuk Menguji Pemahaman Siswa pada Materi Asam Basa Berdasarkan Level Makroskopik, Sub-Mikroskopik dan Simbolik Menggunakan Model Rasch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ARIFAH_SULVIANTI_18035001_1176_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konseptual siswa pada materi asam basa faktanya belum teruji secara komprehensif pada tiga level representasi kimia. Instrumen tes diperlukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi asam basa secara komprehensif. Penelitian ini menghasilkan instrumen tes untuk menguji pemahaman konsep siswa pada materi asam basa berdasarkan level makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik yang dinyatakan valid, reliabel, memiliki indeks kesukaran dan daya beda soal yang baik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Rasch. Prosedur penelitian mengadopsi 10 tahap pengembangan oleh Wei, et al pada tahun 2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi isi yang diberikan kepada subjek dari lima dosen kimia dan satu guru kimia. Data mentah dianalisis menggunakan model Rasch yang berbantuan software minifacet dan ministep. Nilai exact agreement dari hasil validitas isi diperoleh sebesar 89,2% yang tidak jauh berbeda dari expect agreement dengan persentase 89,5%. Artinya, terdapat kesesuaian (fit) antara hasil penilaian ahli dengan hasil perkiraan model. Hasil pilot test (kualitas butir secara empiris) menunjukkan seluruh item telah memenuhi kriteria valid pada indikator outfit mean square (MNSQ), Z-Standard (ZSTD), dan point measure correlation. Nilai reliabilitas butir soal (item reliability) sebesar 0,80 dengan kategori bagus. Indeks kesukaran memiliki variasi soal mudah, sedang, dan sulit. Daya pembeda soal mampu membedakan 3 tingkatan abilitas siswa (rendah, sedang, tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUJI PEMAHAMAN SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:59
Last Modified: 03 Nov 2023 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47973

Actions (login required)

View Item View Item