Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA

Afdina, Afdina (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_AFDINA_18035116_2766_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan praktikalitas dari media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan lectora inspire pada materi larutan penyangga pada kelas XI SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model pengembangan Plomp. Uji validitas materi dan media dilakukan oleh 8 orang validator yakni 4 dosen Kimia FMIPA UNP, 2 orang guru kimia, dan 2 orang dosen Teknik FT UNP. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 12 orang peserta didik kelas XII SMAN Pertiwi 1 Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan praktikalitas. Angket validitas dianalisis dengan menggunakan formula Aikens‟V dan angket praktikalitas dianalisis dengan menggunakan persentase statistik deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata Aikens‟V untuk aspek kelayakan isi, kelayakan konstruk, kebahasaan, dan kegrafisan berturut-turut sebesar 0,91; 0,89; 0,93 dan 0,84 dengan kategori valid. Hasil penilaian media untuk aspek tampilan, pemprograman, dan pemanfaatan berturut-turut adalah 0,84; 0,94 dan 0,81 dengan kategori praktis. Nilai kepraktisan media yang didapatkan dari guru dan peserta didik masing-masing 94,11% dan 91,87% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan lectora inspire pada materi larutan penyangga kelas XI SMA yang dihasilkan sudah valid dan praktis. Oleh karena itu penelitian ini dapat dilanjutkan ketahap uji efektifitas, sehingga media pembelajaran interaktif ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:59
Last Modified: 03 Nov 2023 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47970

Actions (login required)

View Item View Item