Pengaruh Pengetahuan K3 terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Praktikum di Kelas XI TKR Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang.

Nasrinur, Muhammad Andre (2023) Pengaruh Pengetahuan K3 terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Praktikum di Kelas XI TKR Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_MUHAMMAD_ANDRE_NASRINUR_17073087_796_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak disiplinnya siswa serta tidak menerapkan peraturan K3 pada saat melakukan praktikum di SMK Negeri 5 Padang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas XI TKR tentang K3, 2) Mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas XI TKR pada saat melakukan praktikum, 3) Mengetahui pengaruh pengetahuan K3 terhadap kedisiplinan siswa pada saat melakukan praktikum. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan format deskriptif korelasi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR dengan jumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket, instrumen tes terdiri dari 23 butir soal pertanyaan dan angket terdiri dari 22 butir soal pernyataan. Data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan program SPSS dan Microsoft Exce. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, 1) Tingkat pengetahuan siswa tentang K3 berada pada kelas yang memadai dengan tingkat 77,30% 2) Tingkat kedisiplinan siswa dalam melakukan praktikum dinilai baik dengan tingkat 82,56% 3 ) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan K3 terhadap disiplin siswa dalam mengerjakan praktikum dengan nilai uji analisis regresi sederhana yaitu 0,564 karena 0,564 > 0,05 maka dapat dikatakan pengetahuan K3 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, DediUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNIK OTOMOTIF, KEDISIPLINAN, PRAKTIK MAHASISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:46
Last Modified: 03 Nov 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47954

Actions (login required)

View Item View Item