Pengaruh Reputasi Auditor, Audit Client Tenure dan Opinion Shopping terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017-2021).

Al Khodiman, Al Khodiman (2023) Pengaruh Reputasi Auditor, Audit Client Tenure dan Opinion Shopping terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017-2021). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_AL KHODIMAN_18043033_2118_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai: (1) Pengaruh reputasi auditor terhadap penerimaan opini audit going concern; (2) Pengaruh audit client tenure terhadap penerimaan opini audit going concern, (3) Pengaruh opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, dimana data yang digunakan ialah data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk menguji hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun pengamatan 2017-2021. Sampel yang digunakan adalah 690 perusahaan yang menggunakan teknik purposive sampling dalam menyeleksi penggunaan sampel. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan hasil yang diperoleh adalah reputasi auditor memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap penerimaan opini audit going concern sedangkan audit client tenure dan opinion shopping diperoleh hasil tidak memiliki pengaruh signifikan positif terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur pada tahun pengamatan 2017-2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErinos NR, Erinos NRUNSPECIFIED
CorrectorArza, Fefri IndraUNSPECIFIED
CorrectorSebrina, NurziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: REPUTASI AUDITOR, PERUSAHAN MANUFAKTUR, OPINI AUDIT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:50
Last Modified: 20 Nov 2023 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47950

Actions (login required)

View Item View Item