Hidayat, Annur
(2023)
Taman Pendidikan Al Qur‟an (TPA) Dalam Pembentukan Karakter Santri/Santriwati Studi Kasus Di TPA Nurul Ikhsan Sawah Sianik Nagari Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
ik yaitu dari strategi pembelajaran dimana di TPA itu sendiri
ustadz/ustadzahnya menerapkan pendidikan karakter melalui pembiasaan,
penguatan dan demosntrasi, kemudian hal yang menarik di TPA mengenai jumlah
santri/santriwati yang mencapai 62 orang dimana jumlah tersebut cukup banyak
dibanding TPA lain yang ada di Nagari Pematang Panjang tersebut. Perbandingan
TPA dilakukan dengan TPA terdekat dari tempat penelitian yaitu TPA Nurul
Ikhlas,dimana jumlah santri/santriwatinya hanya berkisar 25 orang dan juga TPA
tersebut kurang aktif, atau bisa dikatakan semi aktif di Nagari Pematang Panjang.
Kemudian perbandingan juga dilakukan dengan TPA Darussalam dimana TPA
tersebut memiliki jumlah santri/santriwati yang sedikit yaitu 20 orang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui media, strategi, tujuan, fasilitas dan evaluasi
pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter dari pemahaman Nilai-nilai
karakter.
Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis
studi kasus. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang diselenggarakan
dengan setting alamiah, peneliti sendiri yang menjadi instrumen pengumpul data,
menggunakan analisis induktif dan terfokus pada makna menurut dari partisipan.
Sumber data pada penelitian ini yaitu pendidik (ustadz/ustazah) TPA, Peserta
didik (santri/santriwati) dan orangtua peserta didik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik
keabsahan data hasil penelitian ini dilakukan dengan triangulasi metode dan
sumber.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) straregi pelaksanaan
pembelajaran pendidikan karakter dari pemahaman nilai nilai-nilai karakter
diantaranya dengan cara pembiasaan, penguatan, dan demonstrasi, (2) media
yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter dari nilai-nilai karakter yaitu pendidiknya sendiri yang menjadi role model, gambar dan
vidios serta bercerita, (3) tujuan pembelajaran untuk mengembangkan perilaku
positif dan mandiri pada santri/santriwati (4) fasilitas pembelajaran yang terdiri
dari dua bagian yaitu sarana dan prasarana. (5) evaluasi yang dilakukan dengan
asesmen otentik dan teman sebaya.
Actions (login required)
|
View Item |