Taman Pendidikan Al Qur‟an (TPA) Dalam Pembentukan Karakter Santri/Santriwati Studi Kasus Di TPA Nurul Ikhsan Sawah Sianik Nagari Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung

Hidayat, Annur (2023) Taman Pendidikan Al Qur‟an (TPA) Dalam Pembentukan Karakter Santri/Santriwati Studi Kasus Di TPA Nurul Ikhsan Sawah Sianik Nagari Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ANNUR_HIDAYAT_18005004_936.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ik yaitu dari strategi pembelajaran dimana di TPA itu sendiri ustadz/ustadzahnya menerapkan pendidikan karakter melalui pembiasaan, penguatan dan demosntrasi, kemudian hal yang menarik di TPA mengenai jumlah santri/santriwati yang mencapai 62 orang dimana jumlah tersebut cukup banyak dibanding TPA lain yang ada di Nagari Pematang Panjang tersebut. Perbandingan TPA dilakukan dengan TPA terdekat dari tempat penelitian yaitu TPA Nurul Ikhlas,dimana jumlah santri/santriwatinya hanya berkisar 25 orang dan juga TPA tersebut kurang aktif, atau bisa dikatakan semi aktif di Nagari Pematang Panjang. Kemudian perbandingan juga dilakukan dengan TPA Darussalam dimana TPA tersebut memiliki jumlah santri/santriwati yang sedikit yaitu 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media, strategi, tujuan, fasilitas dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter dari pemahaman Nilai-nilai karakter. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang diselenggarakan dengan setting alamiah, peneliti sendiri yang menjadi instrumen pengumpul data, menggunakan analisis induktif dan terfokus pada makna menurut dari partisipan. Sumber data pada penelitian ini yaitu pendidik (ustadz/ustazah) TPA, Peserta didik (santri/santriwati) dan orangtua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik keabsahan data hasil penelitian ini dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) straregi pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter dari pemahaman nilai nilai-nilai karakter diantaranya dengan cara pembiasaan, penguatan, dan demonstrasi, (2) media yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter dari nilai-nilai karakter yaitu pendidiknya sendiri yang menjadi role model, gambar dan vidios serta bercerita, (3) tujuan pembelajaran untuk mengembangkan perilaku positif dan mandiri pada santri/santriwati (4) fasilitas pembelajaran yang terdiri dari dua bagian yaitu sarana dan prasarana. (5) evaluasi yang dilakukan dengan asesmen otentik dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolferna, SolfernaUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:39
Last Modified: 03 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47947

Actions (login required)

View Item View Item