Rosyane, Firdausyah
(2023)
Efektivitas Media Memo Ring Note Book dalam Pembelajaran Hiragana pada Siswa SMA.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Pada pembelajaran huruf bahasa Jepang, hiragana merupakan salah satu huruf yang harus dipahami dan dikuasai oleh siswa. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi siswa ketika mempelajari hiragana dasar yang berjumlah 46 huruf. Berdasarkan wawancara kepada guru yang bersangkutan, dan wawancara kepada siswa kelas 10 lintas minat bahasa Jepang di
SMA Negeri 4 Padang, hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas 10 mengalami kesulitan dalam penguasaan hiragana yaitu, karena hiragana memiliki huruf yang lebih banyak dibandingkan huruf latin. Selain itu, ada beberapa hiragana yang memiliki bentuk yang mirip, dan dalam penulisan
hiragana harus sesuai dengan urutan guratan penulisannya, sehingga dibutuhkan metode ajar serta media yang lebih bervariasi agar siswa lebih mudah dalam memahami hiragana. Penggunaan media memo ring notebook dapat membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan tingkat efektivitas media memo ring notebook terhadap penguasaan hiragana siswa kelas 10 lintas minat bahasa Jepang SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pre-eksperimental design tipe one-group pre-test post-test design. Data diambil
dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X IIS 1 berjumlah 35 orang. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan H1 diterima pada taraf signifikan 0,05 karena nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti penguasaan hiragana pada posttest jauh berbeda dengan pre-test. Dengan kata lain, penggunaan media memo ring note book efektif digunakan dalam pembelajaran hiragana.
Actions (login required)
|
View Item |