Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Prezi pada Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi.

Indriani, Yufita (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Prezi pada Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YUFITA_INDRIANI_18004145_1789_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu mengembangakan media pembelajaran pada metode yang tepat. Salah satu masalah belajar yang ditemukan yaitu kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran yang mana guru hanya menggunakan media berupa buku paket dan video dari youtube, pada pembelajaran IPAS banyak materi yang memerlukan media berupa gambar ataupun video yang dilengkapai dengan suara untuk memperjelas dalam penyampaian materi, jadi dengan media yang digunakan guru membuat siswa tidak paham dalam memahami materi yang sedang di jelaskan dan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD yang valid, praktis dan layak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dikenal research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakanpengembanagan digunakan 10 langkah Borg dan Gall adalah sebagai berikut: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Uji Coba Produk, (6) Revisi Produk, (7)) Uji coba produk, (8) Uji Coba, dan (10) Produksi. Produk media pembelajaran akan diuji validitas media oleh dua validator dan uji validitas materi dilakukan satu orang validator. Hasil uji kepraktikalitas dilakukan kepada 18 siswa kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil uji validitas produk menunjukan bahwa media dikatakan sangat valid dengan persentase 95%, sedangkan nilai kelayakan oleh ahli materi sangat valid dengan persentase 96%. Pada hasil akhir uji praktikalitas produk media pembelajaran sudah di kategorikan sangat praktis dengan persentase 96%. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran untuk mata pelajaran IPAS kelas IV SD dinyatakan praktis dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:35
Last Modified: 02 Nov 2023 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47930

Actions (login required)

View Item View Item