Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen yang Ditumbuhkan dalam Medium Air Kelapa dan Perannya dalam Perkecambahan Cabai Merah (Capsicum annuum L.)

Ayesha, Claudia (2023) Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen yang Ditumbuhkan dalam Medium Air Kelapa dan Perannya dalam Perkecambahan Cabai Merah (Capsicum annuum L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_CLAUDIA_AYESHA_19032006_2449_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cabai merah (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu tanaman pertanian yang menjadi kebutuhan pokok di Indonesia. Ketersediaan biji cabai merah yang baik perlu dilakukan sejak penyediaan dan perlakuan biji, salah satunya dengan perendaman menggunakan agen hayati pseudomonad fluoresen. Adanya pseudomonad fluoresen akan mempercepat perkecambahan, karena bakteri ini mampu menghasilkan hormon tumbuh berupa Indole Acetic Acid (IAA). Perbanyakan pseudomonad fluoresen memerlukan suatu medium tumbuh. Air kelapa merupakan salah satu bahan organik yang dapat dijadikan medium tumbuh pseudomonad fluoresen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pseudomonad fluoresen dalam medium air kelapa terhadap jumlah bakteri dan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman biji cabai merah (Capsicum annuum L.) menggunakan pseudomonad fluoresen medium air kelapa terhadap perkecambahan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancanggan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 tahap. Setiap tahap memiliki 4 perlakuan dan 3 ulangan: Tahap I. Jumlah bakteri pseudomonad fluoresen dalam medium air kelapa pada lama penyimpanan berbeda. Lama penyimpanan yang menghasilkan jumlah bakteri terbanyak diaplikasikan pada biji cabai merah (Capsicum annuum L.). Sedangkan Tahap II. Pengaruh lama perendaman biji cabai merah (Capsicum annuum L.) dengan pseudomonad fluoresen dalam medium air kelapa terhadap perkecambahan. Pseudomonad fluoresen yang digunakan yaitu isolat PfCas dan PfCas3. Hasil penelitian menunjukkan penyimpanan pseudomonad fluoresen dalam medium air kelapa dengan lama penyimpanan 2, 4, 6, dan 8 minggu berpengaruh terhadap jumlah bakteri. Sedangkan lama perendaman biji cabai merah (Capsicum annuum L.) menggunakan pseudomonad fluoresen medium air kelapa tidak mempengaruhi perkecambahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:54
Last Modified: 02 Nov 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47921

Actions (login required)

View Item View Item