Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen dalam Medium Cairan Sayuran Terhadap Kemampuannya Melarutkan Fosfat dan Menghasilkan Asam Sianida

Muthiah, Atiqah (2023) Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen dalam Medium Cairan Sayuran Terhadap Kemampuannya Melarutkan Fosfat dan Menghasilkan Asam Sianida. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ATIQAH_MUTHIAH_19032114_2136_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pseudomonad fluoresen merupakan agen biokontrol yang hidup di perakaran tanaman. Pseudomonad fluoresen mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan melarutkan fosfat dan menghasilkan senyawa antimikroba yaitu asam sianida. Untuk memperbanyak diri, pseudomonad fluoresen membutuhkan medium. Medium yang umum digunakan yaitu Nutrient Broth (NB). Namun, medium NB sulit didapat dan harganya relatif mahal. Dibutuhkan medium yang memiliki nutrisi setara. Cairan sayuran mampu menumbuhkan bakteri pseudomonad fluoresen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pseudomonad fluoresen yang ditumbuhkan dalam medium cairan sayuran terhadap kemampuannya melarutkan fosfat dan menghasilkan asam sianida. Bakteri pseudomonad fluoresen yang digunakan yaitu suspensi PfCasCas3 (koleksi Advinda). Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan, dilakukan dengan 2 seri yaitu : seri I. Pengaruh lama penyimpanan pseudomonad fluoresen yang tumbuh dalam medium cairan sayuran untuk melarutkan fosfat dan seri II. Kemampuan pseudomonad fluoresen yang tumbuh dalam medium cairan sayuran untuk menghasilkan asam sianida. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pseudomonad fluoresen suspensi PfCasCas3 pada lama penyimpanan berbeda dalam melarutkan fosfat tidak berpengaruh. Sedangkan pada kemampuan pseudomonad fluoresen dalam menghasilkan asam sianida menunjukkan bahwa suspensi PfCasCas3 mampu menghasilkan asam sianida pada lama penyimpanan 4 hingga 8 minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Irma Leilani EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH LAMA PENYIMPANAN PSEUDOMONAD FLUORESEN
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:39
Last Modified: 02 Nov 2023 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47909

Actions (login required)

View Item View Item